Beasiswa S2 Bank Dunia

Beasiswa S2 Bank Dunia Due date 12 April 2018

GoBeasiswa.Com, Beasiswa S2 Bank Dunia Due date 12 April 2018 – Program Beasiswa World Bank (Bank Dunia) memberikan kontribusi untuk misi Bank Dunia dalam pengembangan kapasitas dan berbagi pengetahuan pada negara-negara berkembang. Hal tersebut merupakan bagian penting upaya Bank Dunia untuk mengakselerasi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bersama melalui investasi di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di negara berkembang.

Beasiswa S2 Bank Dunia

Sejak 1982, Program Beasiswa S2 Bank Dunia telah membantu membentuk profesional terlatih dan berpengalaman, mengubah negara mereka dan secara positif berdampak pada generasi mendatang. Saat ini, Program Beasiswa Bank Dunia menawarkan dua sumber dana untuk pendidikan pascasarjana dalam bidang yang berhubungan dengan pengembangan karir profesional dan peneliti, yaitu :

  1. Joint Japan – World Bank Graduate Scholarship Program (JJ/WBGSP) WBGSP sejak 1987, sudah lebih dari 5.800 profesional dari negara-negara berkembang dan Jepang menyelesaikan gelar sarjana di bidang yang berhubungan dengan pengembangan. Bersama Pemerintah Jepang, Bank Dunia membuka kesempatan para profesional negara berkembang untuk mendapat Beasiswa S2 Bank Dunia. Pendaftarannya sudah dibuka dan akan ditutup sampai 12 April 2018.
  2. Robert S. McNamara Fellowships Program (RSMFP) sejak 1982, program fellowship ini telah memungkinkan calon PhD dari negara-negara berkembang untuk melakukan penelitian di lembaga-lembaga di luar negeri. Beasiswa 6-10 bulan periode dan dibiayai sampai $25.000. RSMFP didirikan dari dana Bank Dunia dan pemerintah Bangladesh, Cina, India, Kuwait, Nigeria, Pakistan, Peru, dan bekas Yugoslavia.

Beasiswa Bank Dunia ini adalah salah satu beasiswa S2 yang rutin ditawarkan Bank Dunia bagi negara berkembang. Beasiswa master ini ditawarkan penuh untuk studi di sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika, Eropa, dan kawasan Asia. Ada cukup banyak pilihan universitas terkemuka yang menjadi mitra JJ/WBGSP yang nantinya menjadi tujuan studi bagi pelamar terpilih.

Skema Pendanaan Beasiswa S2 bank Dunia

Beasiswa S2 bank Dunia dari JJ/WBGSP memberikan kebutuhan studi selama mengambil gelar master. Yang ditanggung adalah biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan, tunjangan buku, tiket pp ke negara tujuan, asuransi kesehatan, dan tunjangan perjalanan sebesar $ 500.

Baca juga : Beasiswa S2 Ilmu Sosial di University College London (UCL)

Pilihan Universitas Beasiswa S2 Bank Dunia

AgroParisTech-ENGREF, Asian Institute of Technology, Australian National University, Brandeis University, CATIE Centro Agronómico Tropical de Investigación y Enseñanza, CERDI-FERDI Universite d’Auvergne, Columbia University, Cornell University, Duke University, Harvard University, Hiroshima University, IHS-Institute for Housing and Urban Development Studies, Institute of Social Studies, International University of Japan, Intstitute of Tropical Medicine, ITC-University of Twente, Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation, Johns Hopkins University, Keio University, Kobe University, Meiji University, Ritsumeikan University, Sciences Po, UNESCO-IHE, Universidad de Chile, Université de Montreal, University of Bradford, University of Chicago, University of London, University of Sussex, dan sejumlah universitas terkemuka lainnya.

Daftar lengkap pilihan universitas dan program yang ditawarkan secara lengkap bisa diunduh di sini.

Persyaratan

  • Sehat Jasmani Rohani.
  • Warganegara dari anggota Bank Dunia (Indonesia termasuk)
  • Tidak berkewarganegaraan ganda
  • Mempunyai gelar sarjana yang diperoleh setidaknya dalam tiga tahun terakhir sebelum tanggal deadline aplikasi
  • Memiliki pengalaman kerja 3 tahun atau lebih yang terkait dengan pembangunan setelah meraih gelar sarjana
  • Bekerja pada pekerjaan yang berhubungan dengan pembangunan pada saat mengajukan permohonan beasiswa
  • Bukan Direktur Eksekutif, anggota staf, atau kerabat dari anggota staf Grup Bank Dunia

Dokumen aplikasi

Dua surat rekomendasi

Formulir aplikasi online lengkap

Dokumen yang membuktikan bahwa pelamar memenuhi persyaratan berdasarkan jumlah tahun dari pekerjaan yang berhubungan dengan pembangunan

Ijazah terakhir (tanpa transkrip)

Curriculum vitae dalam bahasa Inggris

Unconditional Letter of Admission di tahun akademik yang baru dari program master universitas pilihan JJ/WBGSP.

Baca juga : Beasiswa S2 – S3 Australia 2018 – 2019

Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa S2 Bank Dunia dimulai 22 Februari – 12 April 2018.

Buat akun untuk memulai pendaftaran.

Cara Pendaftaran Pertama, mendaftar ke program master universitas partner. Unduh daftar universitas partner. Memilih salah satu program master. Universitas akan merekomendasikan nama calon penerima beasiswa ke Sekretariat JJ/WBGSP setelah melalui tahap pemeringkatan.

Cara pendaftaran kedua, pelamar mendaftar ke program master pilihan, termasuk memenuhi persyaratan untuk diterima di universitas bersangkutan. Secara bersamaan juga mengajukan aplikasi beasiswa JJ/WBGSP secara online paling lambat 12 April 2018.

Pada cara pertama, universitas yang ditawarkan lebih terbatas, sementara cara kedua pelamar memiliki lebih banyak pilihan universitas serta program studi yang disediakan.

Langkah-langkah Cara kedua:

  • Lengkapi semua dokumen aplikasi yang dibutuhkan.
  • Sertakan juga terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris jika dokumen yang dimiliki menggunakan bahasa Indonesia atau yang lain.
  • Lalu unggah ke Bank Dunia.
  • Surat rekomendasi harus diajukan sendiri oleh pemberi rekomendasi. Lihat penjelasannya di panduan beasiswa.

Demikian informasi tentang Beasiswa Bank Dunia yang merupakan salah satu beasiswa S2 yang rutin ditawarkan Bank Dunia bagi negara berkembang. Jangan lupa untuk mendaftar sebelum duedate 12 April 2018.

Gallery for Beasiswa S2 Bank Dunia Due date 12 April 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *