Tawaran DAAD PPGG Berupa Beasiswa Full S2 Jerman

GoBeasiswa.com – Seperti yang kita tahu, ada banyak beasiswa ke luar negeri yang bisa didapatkan oleh para pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan lanjutan seperti S2. Salah satu beasiswa tersebut adalah beasiswa full S2 Jerman yang ditawarkan oleh Dinas Pertukaran Akademis Jerman dan Public Policy and Good Governance (DAAD PPGG). Berikut ulasan lebih jauh mengenai beasiswa yang telah rutin diadakan setiap tahun ini.

 

Informasi Beasiswa Full S2 Jerman dari DAAD PPGG

Beasiswa full S2 Jerman dari DAAD PPGG ini merupakan beasiswa untuk para pelajar Indonesia lulusan S1 yang ingin memperdalam ilmu dalam bidang kebijakan public dan tata kelola pemerintahan. Dengan mendapatkan beasiswa ini dan mempelajari ilmu dari universitas di Jerman, para pelajar nantinya dapat berkarir atau bekerja secara profesional dan tidak kalah dengan para pekerja yang berpengalaman.

 

Tawaran DAAD PPGG Berupa Beasiswa Full S2 Jerman

Tawaran DAAD PPGG Berupa Beasiswa Full S2 Jerman

 

Secara lebih jelasnya, mereka yang dapat mendaftarkan diri untuk meraih beasiswa ini adalah para lulusan sarjana (S1) atau pendidikan sederajat dari bidang-bidang seperti politik, sosial, ekonomi, hukum, serta administrasi. Para pelamar berprestasi yang nantinya mendapatkan beasiswa diharapkan dapat berkontribusi secara aktif di bidang pembangunan ekonomi maupun sosial Indonesia.

Baca Juga: Beasiswa di Turki Eastern Mediterranean University untuk S2 dan S3

Salah satu alasan mengapa beasiswa perlu dipertimbangkan adalah status beasiswa ini dimana beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa full alias beasiswa penuh. Cakupan beasiswa penuh ini meliputi:

  • Biaya pendidikan selama mahasiswa menjalani studinya
  • Biaya hidup atau tunjangan perbulan senilai 750 Euro atau kurang lebih 11,4 juta
  • Subsidi riset atau penelitian
  • Asuransi kesehatan selama di Jerman
  • Tunjangan keluarga untuk yang memenuhi persyaratan
  • Biaya perjalanan
  • Kursus bahasa di institusi pendidikan Jerman selama 6 bulan secara gratis

 

Bagi yang tertarik untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa full S2 Jerman ini, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Pertama adalah pilihan universitas yang ingin dituju. Jerman memiliki 8 perguruan tinggi yang bisa dipilih sesuai dengan ketetapan beasiswa ini.

Kedua, peserta juga perlu tahu bahwa program studi yang nantinya didapatkan menggunakan bahasa Jerman atau bahasa Inggris. Karena itu, nantinya penerima beasiswa akan menjalani kursus bahasa Jerman yang berlangsung selama 6 bulan atau sekitar bulan April hingga September.

Kursus bahasa tersebut diadakan di lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan penyelenggara beasiswa ini. Pada bulan September setelah mengikuti kursus, mahasiswa penerima beasiswa kemudian akan memulai perkuliahan hingga bulan Oktober.

Selain mengikuti pelatihan bahasa yang bersifat wajib untuk semua penerima beasiswa ini, para mahasiswa penerima beasiswa juga ditawarkan untuk memilih bimbingan khusus dengan pembiayaan ditanggung oleh DAAD.

Baca Juga: Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance

Kualifikasi Beasiswa Full S2 Jerman dari DAAD PPGG

Ada beberapa kualifikasi atau persyaratan beasiswa full S2 Jerman yang harus dipenuhi oleh para pendaftar. Kualifikasi tersebut meliputi:

  1. Hasil studi atau prestasi akademik yang dimiliki saat menempuh pendidikan S1
  2. Penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris dan Jerman
  3. Keterlibatan dalam bidang sosial dan politik
  4. Surat pernyataan diri yang di dalamnya menjelaskan keterkaitan subyek yang diambil, motivasi diri untuk menempuh studi di Jerman, serta manfaat dari studi yang nantinya didapatkan bagi negara asal
  5. Mendapatkan gelar S1 dalam jangka waktu 6 tahun terakhir sebelum beasiswa diajukan
  6. Pendaftar yang telah lebih dari 15 bulan tinggal di Jerman tidak diperkenankan untuk mendaftar

 

Poin persyaratan di atas merupakan persyaratan umum. Ada beberapa persyaratan tambahan yang juga harus dipenuhi oleh pelamar di program studi Master tertentu. Karena itu, Anda sebagai pelamar dapat melihat persyaratan khusus tersebut di situs resmi beasiswa ini.

 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

Selain memenuhi persyaratan di atas, para pelamar program beasiswa full S2 Jerman ini juga harus menyertakan beberapa dokumen atau berkas penting seperti yang akan disebutkan berikut ini.

  1. Formulir aplikasi pendaftaran yang fromatnya telah diatur oleh DAAD. Formulir tersebut dapat didownload dan diketik-isi sesuai dengan data diri asli.
  2. Menyertakan motivation letter yang di dalamnya mendeskripsikan atau memberikan ulasan singkat mengenai akademik diri berikut dengan profesi yang dimiliki pelamar jika pelamar bekerja. Pelamar juga harus menuliskan alasan mengapa mengajukan beasiswa tersebut serta memilih universitas pilihan di Jerman
  3. Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang di dalamnya berisi informasi lengkap termasuk penguasaan bidang studi dan pekerjaan yang pernah dimiliki atau tengah dilakukan sebelum mendaftarkan diri pada program beasiswa ini.
  4. Salinan atau fotokopi ijazah terakhir, berupa ijazah S1 atau pendidikan setara. Pada berkas ini, peserta juga harus menyertakan penjelasan sistem penilaian pendidikan terakhir tersebut
  5. Fotokopi atau salinan transkrip nilai di pendidikan terakhir
  6. Fotokopi atau salinan ijazah SMA
  7. Surat rekomendasi dari 2 profesional seperti akademisi (professor, dosen, dan sebagainya) dan atasan atau kepala perusahaan/kantor tempat bekerja.

 

Untuk formulir aplikasi pendaftaran, bahasa yang digunakan harus bahasa Inggris atau bahasa Jerman. Sementara itu, untuk berkas lainnya, peserta harus menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan bantuan penerjemah tersumpah.

Baca Juga: Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah serta Tips Memilih dan Menggunakanya

Mengenai mekanismenya, para pelamar dapat langsung mengirimkan berkas langsung ke 2 dari 8 universitas terpilih DAAD. Masing-masing universitas di Jerman tersebut memiliki masa pendaftaran yang berbeda-beda dan alamat situs yang juga berbeda. Karena itu, Anda bisa mencari atau menanyakan informasinya di situs resmi DAAD yaitu www.daad.de.

 

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa full S2 Jerman yang bisa dipertimbangkan apabila rekan, kerabat, atau bahkan Anda sendiri bermaksud menjajal menempuh pendidikan di Jerman. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tags: #beasiswa luar negeri #beasiswa penuh

Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
GoBeasiswa.com – Beasiswa Prestasi 2017 merupakan salah
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
GoBeasiswa.com – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana

Leave a reply "Tawaran DAAD PPGG Berupa Beasiswa Full S2 Jerman"

Must read×

Top