Tawaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Ke Universitas Dalam dan Luar Negeri

GoBeasiswa.com – Kesadaran terhadap pentingnya pendidikan membuat banyak orang semakin termotivasi untuk menempuh pendidikan hingga ke tingkat atas seperti jenjang S2 dan S3.

Namun, karena faktor ekonomi dan sebagainya, tidak sedikit pelajar yang harus mengurungkan niat untuk menempuh pendidikan lanjutan ini.

Walau begitu, adanya kesulitan bukan berarti tidak cara karena sebenarnya ada banyak organisasi atau lembaga yang bisa memberikan beasiswa. Salah satunya adalah beasiswa LPDP S2 dan S3.

 

Beberapa Hal Penting Seputar Beasiswa LPDP  S2 dan S3

Beasiswa LPDP S2 dan S3 merupakan satu dari sekian banyak program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu para pelajar berbakat dan kurang mampu agar dapat meneruskan studinya hingga S3.

Dana beasiswa yang digunakan untuk para penerimanya diambil dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

Sebelum dimanfaatkan untuk membiayai studi di masing-masing program studi Magister maupun Doktoral, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan mengelola dana tersebut.

Tawaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Ke Universitas Dalam dan Luar Negeri

Tawaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Ke Universitas Dalam dan Luar Negeri

Para pendaftar beasiswa LPDP yang dapat memilih universitas di dalam maupun luar negeri nantinya akan mendapatkan beasiswa yang sifatnya full alias penuh.

Karena tawarannya yang cukup menggiurkan, persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini juga cukup sengit. Disamping memiliki nilai dan prestasi bagus di bidang akademik, para pendaftar juga harus memiliki motivasi dan jiwa kepemimpinan yang unggul.

Baca Juga: Tawaran Beasiswa Mahasiswa Asing di Indonesia Dari Kemdikbud

Secara lebih spesifik, berikut ulasan cakupan tanggungan dari skema beasiswa LPDP S2 dan S3 ini. Full scholarship atau beasiswa penuh ini terdiri atas:

  1. Tanggungan pendidikan yang meliputi biaya pendaftaran, biaya SPP, dan biaya non-SPP. Untuk biaya non-SPP meliputi tesis/disertasi, buku, seminar, publikasi, wisuda, dan lainnya.
  2. Tanggungan pendukung yang meliputi asuransi kesehatan, visa, transportasi dari ke perguruan tinggi, tunjangan hidup bulanan, tunjangan kedatangan, tunjangan keluarga, biaya darurat, dan insentif untuk yang dapat meraih peringkat unggulan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan LPDP.

 

Disamping itu, peserta juga dapat memilih bidang studi, tema studi, serta universitas prioritas yang berasal dari dalam atau luar Negeri.

Pemilihan universitas tersebut bisa disesuaikan dengan bidang dan tema studi prioritas. Untuk lebih jelasnya, ada daftar bidang studi, tema studi, dan universitas tujuan yang disediakan oleh pihak LPDP dan dapat dipilih oleh para pendaftar.

 

Persyaratan Beasiswa LPDP S2 dan S3

Terkait persyaratan atau kualifikasi beasiswa LPDP S2 dan S3 ini, berikut poin-poin yang harus diperhatikan satu per satu. Poin kualifikasi tersebut meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus.

A. Kualifikasi umum

  1. Merupakan WNI
  2. Merupakan lulusan S1 atau S2 di PT terakreditasi BAN-PT, PT kedinasan dalam negeri, atau PT luar negeri terdaftar di Dirjen Pendidikan Tinggi dan Kemdikbud RI
  3. Berkarakter patriotik, nasionalis, profesional, mandiri, gigih, percaya diri, berintegritas, berjiwa pemimpin, dapat mengelola emosi, dan mampu beradaptasi.
  4. Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti keilmuan, kemasyarakatan, budaya, dan sebagainya
  5. Menandatangani surat pernyataan yang di dalamnya menyatakan bahwa peserta kembali usai studi, tidak menerima beasiswa lain, tidak terlibat dengan aktivitas atau organisasi bertentangan dengan hukum dan ideologi Pancasila, tidak bertindak yang melawan kode etik, mengabdi dan setia pada NKRI, menyanggupi ketentuan LPDP, serta menyatakan bahwa data yang dicantumkan adalah dokumen asli dan disangsikan hukum jika terbukti palsu.
  6. Pelamar yang bekerja telah mendapatkan surat izin dari atasan
  7. Menunjukkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba serta bebas TBC untuk pelamar beasiswa luar negeri
  8. Menunjukkan surat rekomendasi dari atasan kerja atau tokoh masyarakat
  9. Mengambil bidang keilmuan dan universitas sebagaimana prioritas LPDP
  10. Menulis essay sepanjang 500-700 kata dengan tema yang ditentukan oleh LPDP
  11. Bersedia tidak mendaftar lagi atau gugur apabila berkas data terbukti dipalsukan
  12. Menyertakan SKCK pada saat mengikuti seleksi wawancara

 

B. Kualifikasi khusus

Untuk pendaftar program Magister, ada beberapa persyaratan khusus yang harus diperhatikan. Persyaratan khusus tersebut diantaranya adalah berusia maksimal 35 tahun, lulusan S1 PT dalam / luar negeri, menunjukkan Letter of Acceptance, memiliki skor IPK minimum 3,0 dan surat penguasaan bahasa asing dari ETS yang masih berlaku untuk yang tidak memiliki LoA, ijazah sebagai ganti sertifikat TOEFL untuk lulusan S1 bahasa asing.

Peserta juga harus mengikuti rencana perkuliahan 6 bulan setelah pendaftaran tutup, dapat menyelesaikan studi maksimal 2 tahun, menyertakan dokumen resmi TPA/GRE/LSAT jika ada, dan menulis rencana studi di program studi tujuan.

Baca Juga: Informasi Program Beasiswa S2 UGM Kemdikbud

Persyaratan khusus untuk pendaftaran jenjang S3 hampir sama dengan magister, hanya saja ada beberapa poin yang berbeda. Poin tersebut diantaranya adalah berusia maksimum 40 tahun, lulusan S2 program magister atau magister terapan, menunjukkan LoA atau IPK minimum 3.25, menunjukkan skor penguasaan bahasa asing sesuai yang ditetapkan LPDP, menyelesaikan studi paling lama 4 tahun. Serta menulis ringkasan proposal riset/penelitian.

Baca Juga: Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance

 

Mekanisme Pendaftaran Beasiswa LPDP S2 dan S3

Terkait mekanisme pendaftaran beasiswa LPDP S2 dan S3, ada beberapa proses yang dilalui. Pertama, peserta membuat akun dan mendaftarkan diri secara online di situs www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pendaftaran maupun proses seleksi ini pada umumnya diadakan sebanyak 4 kali dalam setahun.

Pada pendaftaran online peserta diharuskan mengupload hasil scan berkas yang dibutuhkan. Nantinya, peserta juga harus menyerahkan berkas fisik karena ada seleksi administrasi yang harus dilalui.

Mereka yang lolos seleksi administrasi dapat mengikuti seleksi wawancara, diskusi, dan penulisan essay di tempat. Setelah diumumkan lolos, peserta masih harus menjalani berbagai persiapan.

 

Demikian info mengenai beasiswa LPDP S2 dan S3 yang bisa dibagikan pada kesempatan ini. Apakah Anda tertarik mencoba?

Tags: #beasiswa lpdp #beasiswa luar negeri #beasiswa s3

Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
GoBeasiswa.com – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana
Beasiswa di Malaysia untuk Jenjang S2 dan S3 oleh UCSI
Beasiswa di Malaysia untuk Jenjang S2 dan S3 oleh UCSI
GoBeasiswa.com – Bisa menempuh pendidikan hingga S2

Leave a reply "Tawaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Ke Universitas Dalam dan Luar Negeri"

Must read×

Top