LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi

GoBeasiswa.com – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan bagian dari Kementerian Keuangan Negara Indonesia. LPDP aktif memberikan beasiswa bagi para putra putri Indonesia. LPDP Scholarship membuka kesempatan beasiswa untuk program S1 dan S2. Selain itu, LPDP juga membuka beasiswa tugas akhir untuk S2 dan S3. Pada pembahasan kali ini, program beasiswa dari LPDP yang akan dijelaskan adalah Beasiswa Tesis dan Disertasi.

Beasiswa ini ditujukan untuk para mahasiswa S2 dan S3 yang sedang mengerjakan Tesis atau Disertasi dan membutuhkan bantuan dana.

Kita tentu sama-sama tahu, penelitian untuk tugas akhir membutuhkan dana yang cukup banyak. Beasiswa dari LPDP ini bisa dijasikan alternatif untuk keterbatasan biaya penelitian. Mari simak informasi lengkapnya berikut ini.

LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi

LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi

Beasiswa Tesis dan Disertasi dari LPDP Scholarship

Tujuan diberikannya beasiswa tesis dan disertasi ini adalah untuk membantu para mahasiswa tingkat akhir agar bisa menghasilkan penelitian yang berkualitas di masing-masing jenjang pendidikan. Dengan demikian, terciptalah lulusan Magister ataupun Doktoral yang berkualitas serta bisa memberikan sumbangsih terhadap pendidikan Indonesia. Besaran dana beasiswa ini didasarkan pada rencana anggaran belanja yang diajukan. Rincian anggaran belanja ini harus dilampirkan dalam formulir pendaftaran.

Baca Juga: Tawaran Beasiswa LPDP S2 dan S3 Ke Universitas Dalam dan Luar Negeri

Terkait dengan anggaran, antara program S2 dan program S3 tentu berbeda. Bagi mahasiswa akhir jenjang S2 yang sedang menyusun tesis, proses penelitian akan dibiayai maksimal 12 bulan. Lalu, untuk mahasiswa akhir jenjang S3 yang sedang menyusun disertasi, dana bantuan yang akan dibiayai adalah maksimal 24 bulan. Untuk itu, proses penelitian dan penyusunan tugas akhir harus terstruktur dengan baik agar bisa selesai tepat waktu.

 

Program beasiswa tesis dan disertasi diberikan pada hampir seluruh bidang kajian pendidikan. Judul penelitian yang sedang menjadi fokus perhatian LPDP adalah bidang teknik, sains, kelautan dan perikanan, pendidikan, pertanian, kesehatan, kedokeran, akuntansi, hukum, ekonomi, agama, sosial, budaya, seni, dan bahasa. Untuk tema yang diprioritaskan adalah yang berhubungan dengan perikanan, kemaritiman, pertanian, ketahanan energi, industri kreatif, ketahanan pangan, manajemen pendidikan, teknologi pertahanan & keamanan, teknologi transportasi, teknologi komunikasi dan informasi, lingkingan hidup, budaya, bahasa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Persyaratan Beasiswa Tesis dan Disertasi

  1. WNI yang dibuktikan dengan kartu identitas yang sah
  2. Batas Usia untuk pendaftar beasiswa tesis adalah 40 tahun dan batas usia untuk pendaftar beasiswa disertasi adalah 45 tahun.
  3. Lulusan Program Studi – Pendaftar boleh berasal dari perguruan tinggi dalam negeri minimal dengan akreditasi C atau lulusan dari perguruan tinggi kedinasan yang telah diakui oleh pemerintah Indonesia. Lalu, pendaftar juga boleh berasar dari perguruan tinggi luar negeri yang memiliki kategori baik sesuai dengan daftar yang dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  4. Mahasiswa telah menyelesaikan tanggungan kuliah yang dibuktikan dengan transkip nilai.
  5. IPK minimal untuk program Magister adalah 3.25 dan untuk program doktoral adalah 3.50.
  6. Telah dinyatakan lulus ujian proposal oleh pemimpin program pasca sarjana atau keterangan lainnya yang masih sejenis.
  7. Mendapatkan rekomendasi dari pihak fakultas
  8. Judul penelitian serta bidang kajian sesuai dengan visi misi dari LPDP yang telah disebutkan rinciannya di atas
  9. Tidak sedang menerima beasiswa tesis atau disertasi dari program lain.

 

Persyaratan di atas wajib dipenuhi oleh masing-masing pendaftar. Akan ada seleksi berkas yang ketat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini.

Baca Juga: Info Seputar Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Dari Tempo Institute

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah memahami persyaratan yang dijelaskan di atas, selanjutnya Anda harus menyiapkan berkas-berkas untuk dikumpulkan. Berkas atau dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa tesis atau disertasi adalah sebagai berikut.

  • Berkas proposal tesis atau disertasi yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing atau dosen promotor.
  • Transkip nilai untuk semua mata kuliah yang pernah diambil
  • Essay – Tulisan yang dibuat memiliki panjang antara 500 sampai dengan 700 kata yang membahas tentang peranan Anda dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk atau jasa, menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat, atau kontribusi Anda dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. Dari tiga fokusan di atas, Anda bisa memilih salah satunya.
  • RAB atau Rancangan Anggaran Belanjan yang telah sesuai dengan biaya yang berlaku. RAB ini harus sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing atau promotor. Biaya tersebut meliputi
  • Biaya pengambilan data
  • Bahan-bahan yang habis pakai
  • Buku referensi
  • Seminar
  • Biaya analisis
  • Biaya publikasi
  • Biaya penggandaan tesis

 

Biaya yang diajukan adalah biaya yang terkait dengan penelitian dan penulisan tesis atau disertasi. RAB yang telah dibuat tidak diperkenankan untuk membiayai SPP atau biaya hidup peneliti.

 

Setelah mengumpulkan berkas yang telah disebutkan di atas, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran secara online. Formulir pendaftaran bisa diperoleh dari situs resmi LPDP, yaitu www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Jangan lupa untuk melampirkan berkas dokumen yang telah disebutkan di atas.

 

Program beasiswa tesis dan disertasi dibuka rutin setiap tahunnya. Dalam satu tahum ada dua periode, yaitu periode Februari dan Periode Agustus. Pastikan Anda tidak telat dalam mendaftarkan diri pada program beasiswa ini.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa tesis dan disertasi dari LPDP, Anda bisa mengunjungi situs resminya. Pertanyaan terkait beasisa ini juga bisa diajukan melalui alamat email cso.lpdp@kemenkeu.go.id. Program beasiswa ini sangat membantu bagi siapa pun yang sedang menyelesaikan tugas akhir S2 dan S3. Demikian adalah informasi yang dapat disampaikan mengenai beasiswa LPDP. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tags: #beasiswa lpdp #beasiswa luar negeri #beasiswa s3

Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
GoBeasiswa.com – Beasiswa Prestasi 2017 merupakan salah
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
GoBeasiswa.Com –  Kali ini adalah informasi terbaru
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang

Leave a reply "LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi"

Must read×

Top