Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance

GoBeasiswa.com – Masih banyak yang kurang paham tentang maksud dan cara mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance atau yang biasa di kenal juga dengan Letter of Guarantee.

Terlebih ketika Anda baru pertama kali mendaftar beasiswa ke luar Negeri, contohnya ketika Anda ingin mengambil beasiswa Presiden, beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidian (LPDP), ataupun Beasiswa Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) disitu kebanyakan tertera LoA sebagai salah satu persyaratan pendaftaranya.

 

Baca Juga: Jasa Penerjemah Tersumpah

 

Mendapatkan LoA bukanlah perkara yang susah, hanya saja prosesnya memang terbilang lumayan rumit, dan akan memakan waktu yang tentunya tidak sebentar untuk menunggu pengumuman.

Oleh karenanya apabila Anda tidak mau pusing dengan LoA, maka di rekomendasikan untuk mengambil beasiswa sponsor luar Negeri seperti beasiswa Prestasi, Beasiswa Fullbright, Beasiswa New Zealand dan lain sebagainya yang tidak mempermasalahkan LoA sebagai persyaratan pendaftaran.

Sayangnya untuk kebanyakan beasiswa dari pemerintah kita, LoA masih menjadi syarat mutlak untuk Anda yang ingin melanjutkan studi ke luar Negeri.

Pada artikel kali ini GoBeasiswa.Com akan membahas secara lengkap dan spesifik tentang cara mendapatkan LoA.

 

Pada dasarnya LoA terbagi menjadi 2 macam, diantaranya LoA Conditional dan LoA Unconditional.

Untuk yang pertama LoA Conditional, artinya Anda di terima di Universitas tersebut asalkan beberapa syarat tertentu sudah Anda penuhi, contohnya seperti menyerahkan bukti sertifikat TOEFL, IBT, GRE atau IELTS yang merupakan sertifikat bukti kemampuan bahasa Inggris. Setelah semua syarat terpenuhi maka LoA Conditional akan berubah menjadi LoA Unconditional.

Sedangkan untuk LoA Unconditional artinya Anda sudah diterima di Universitas tersebut tanpa ada persyaratan-persyaratan lainya.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan LoA?

LoA bisa Anda dapatkan dengan cara mendaftarkan diri ke Universitas Luar Negeri. Disni perlu dicatat, untuk jenjang studi S2 dan S3 di luar negeri tidak akan ada test tertulis seperti SNMPTN walaupun mungkin untuk jurusan tertentu akan ada test tertulis.

Berikut adalah poin-poin cara mendapatkan LoA

  1. Pastikan Anda sudah menentukan Negara atau Universitas mana yang ingin Anda tuju sebagai tempat untuk melanjutkan studi. Disini Anda bisa membuka website resmi dari Universitas tersebut. Setiap laman website Universitas akan berbeda-beda tampilanya, Anda tinggal masuk ke bagian pusat informasi dan memilih jurusan yang Anda minati. Kebanyakan bisa Anda temukan pada bagian degree, study ataupun department.
  2. Kemudian disitu akan muncul beragam informasi seperti daftar mata kuliah, nama pengajar, lama studi dan lain sebagainya.
  3. Perhatikan pada persyaratan untuk melamar, waktu atau jadwal pendaftaran dan bagaimana tahapan proses seleksi. Persyaratan yang paling umum biasanya adalah skor minimum untuk TOEFL, GRE, IBT, IELTS. Apabila Anda tidak menemukan detail persyaratan dan lain sebagainya cari pada bagian Admission.
  4. Perlu diketahui, untuk wilayah Eropa rata-rata sudah menggunakan sistem online, jadi Anda tinggal mengisi formulir yang sudah di sediakan dan mengupload berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan.
  5. Selesai, Anda tinggal menunggu hasil pengumuman di terima atau tidak. Apabila diterima biasanya Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email. Kemudian LoA akan dikirimkan ke alamat rumah Anda berupa hardcopy atau langsung ke email Anda berupa softcopy.

 

Seperti ini contoh LoA

Image Credit: ManishAbraham.Com

Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA – Letter of Acceptance

Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA – Letter of Acceptance

 

 

LoA inilah yang nantinya akan sangat berguna sekali ketika Anda mendaftarkan beasiswa ke luar negeri. Dan Anda juga perlu tau, Anda bisa mendapatkan LoA dari berbagai macam Universitas (tidak hanya satu universitas saja)

 

Kunci Sukses Mendapatkan LoA

Seperti yang sudah dikatakan di awal tulisan ini, Cara mendapatkan LoA sebenarnya sangat sederhana. Kuncinya Anda harus rajin mencari info tentang universitas mana yang Anda minati. Disitu Anda tinggal amati dan perhatikan persyaratan, waktu pendaftaran, tahapan, pengumuman dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat tentang cara mendapatkan LoA, bagikan ke temen-temen kalau dirasa tulisan ini bermanfaat.

Tags: #mendapatkan loa

Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris
Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris
GoBeasiswa.com – Banyak orang yang ingin mengetahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan
Ini Dia, 18 Beasiswa S1 Terbaru untuk Lulusan SMA/K yang Wajib Anda Ketahui
Ini Dia, 18 Beasiswa S1 Terbaru untuk Lulusan SMA/K yang Wajib Anda Ketahui
GoBeasiswa.Com – Semakin hari, semakin besar kesadaran
Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah serta Tips Memilih dan Menggunakanya
Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah serta Tips Memilih dan Menggunakanya
GoBeasiswa.com – ketika Anda mencari informasi tentang

Leave a reply "Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance"

Must read×

Top