Info Seputar Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Dari Tempo Institute

GoBeasiswa.com – Seiring dengan semakin diperhatikannya demokrasi pers, beberapa kalangan yang memperhatikan aspek pers seperti kepenulisan dan jurnalistik menawarkan aneka program beasiswa yang salah satunya adalah beasiswa pelatihan jurnalistik dari tempo institute. Terkait beasiswa tersebut, berikut beberapa ulasan mengenai tawaran beasiswa tersebut yang penting untuk disimak, khususnya bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu dalam kejurnalistikan.

Info Seputar Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Dari Tempo Institute

Info Seputar Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Dari Tempo Institute – Credit: http://tempo-institute.org

 

Lebih Dalam Mengenai Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Dari Tempo Institute

Sebelum membahas lebih jauh mengenai beasiswa pelatihan jurnalistik dari tempo institute, ada baiknya bagi Anda sebagai calon pelamar mengetahui lebih dahulu tentang Tempo Institute. Institusi yang merupakan sayap dari Tempo Group ini merupakan salah satu institusi kejurnalistikan terbaik yang terdapat di Indonesia. Sebagai bentuk partisipasi dalam mengembangkan dunia jurnalistik, Tempo bermaksud membuka kesempatan untuk para jurnalis muda yang berbakat, lulusan sarjana dari perguruan tinggi, peneliti, mahasiswa aktif, aktivis, penggerak masyarakat, maupun traveler untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pelatihan jurnalistik dan kepenulisan dengan biaya gratis ditanggung oleh Tempo institute.

Baca Juga: Info Beasiswa Pertanian Oleh SEARCA

Mereka yang beruntung dapat mendapatkan beasiswa pelatihan jurnalistik dari tempo institute sekaligus ilmu mengenai jurnalistik dan kepenulisan dari organisasi yang telah berdiri sejak 2009 akan mengikuti berbagai rangkaian pelatihan seperti kepenulisan opini, penulisan fiksi bersama salah satu ahli jurnalistik, kepenulisan laporan efektif, hingga kursus jurnalistik secara intensif. Seperti jenis beasiswa maupun tempat pelatihan pada umumnya, setiap kelas memiliki kuota kursi tertentu.

 

Terlepas dari seperti apa kegiatan yang kini dilakukan atau ditekuni, siapapun yang berminat untuk mengikuti pelatihan jurnalistik dan tulis-menulis dari orang-orang di Tempo institute yang telah ahli dalam ilmu ini dapat mendaftarkan diri langsung. Bagaimana caranya? Mereka hanya perlu membuat sebuah proposal. Proposal yang harus ditulis tentu saja tidak sembarang proposal. Ada ketentuan yang harus diikuti oleh para pendaftar. Pertama, proposal yang dibuat harus dibuat dengan panjang maksimal 2 halaman. Jenis kertas yang harus digunakan adalah A4. Tulisan dalam proposal juga harus diatur dengan spasi 1,5.

 

Bagaimana dengan isi proposal beasiswa pelatihan jurnalistik dari Tempo institute ini? Proposal sepanjang 2 halaman tersebut harus menjelaskan alasan dan motivasi mengapa Anda ingin dan harus mengikuti program pelatihan jurnalistik dan kepenulisan yang diadakan Tempo Institute tersebut. Selain menjelaskan motivasi untuk mengikuti pelatihan, Anda juga harus menyampaikan menu pelatihan manakah yang paling diminati berikut dengan alasan mengapa memilih menu pelatihan tersebut. Selanjutnya, sebagai pelamar beasiswa, Anda juga bisa mengajukan lingkup pendanaan seperti apa yang diinginkan. Sebagai contoh, Anda ingin beasiswa yang dapat menunjang atau memberikan tanggungan untuk biaya kursus, akomodasi, dan transportasi atau lainnya.

 

Satu hal yang juga tidak boleh dilupakan dalam proposal tersebut adalah penjelasan mengenai sejauh mana keterampilan menulis dan ilmu jurnalistik yang Anda dapat dan praktekkan. Dalam hal ini, Anda bisa menjelaskan bagaimana dan seberapa jauh tulisan Anda dibagikan pada jejaring sosial dan komunitas. Apabila Anda ingin mengikuti kursus Jurnalistik Intensif, ada satu persyaratan lagi yang harus dipenuhi, yaitu pernyataan tentang komitmen atau kesanggupan untuk mengikuti program magang yang nantinya dilakukan selama 3 bulan di tempat yang ditentukan oleh Tempo Institute sebagai penyelenggara beasiswa. Program ini bersifat wajib untuk setiap peserta kelas kursus Jurnalistik Intensif.

Baca Juga: Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance

 

Selain persyaratan berupa proposal, program beasiswa yang ditawarkan oleh Tempo Institute ini juga harus dilampirkan bersama dengan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Pada daftar riwayat hidup tersebut harus terdapat informasi atau data diri yang asli berikut dengan informasi kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon, alamat email, dan sebagainya. Panitia penyelenggara yang menyeleksi kandidat penerima program beasiswa pelatihan jurnalistik dari tempo institute ini nantinya kemungkinan besar akan melakukan verifikasi dengan data di kartu identitas yang asli. Karena itu, pelamar beasiswa pelatihan ini juga diwajibkan untuk menyerahkan fotokopi kartu identitas berupa KTP, SIM, atau lainnya. Fotokopi identitas tersebut disertakan bersama proposal dan daftar riwayat hidup yang telah dibuat. Untuk scan kartu identitas berikut dengan file berkas proposal dan CV, pelamar bisa mengirimkan hasil scan dan file-file tersebut ke alamat email yang diinformasikan oleh panitia, yaitu di adm@tempo-institute.org.

Baca Juga: Top 10 Daftar Sekolah Fashion Terbaik di Dunia

Seperti jenis beasiswa pada umumnya, beasiswa pelatihan jurnalistik dan kepenulisan ini juga memiliki batas waktu pengiriman berkas. Jadi, selain memperhatikan setiap aspek dari berkas persyaratan, Anda sebagai pelamar juga harus memperhatikan tenggat waktu pengiriman berkas. Jika terlambat sekian detik saja, peluang untuk mendapatkan beasiswa dan ilmu jurnalistik bisa sirna seketika. Nantinya, para pelamar akan diseleksi oleh panitia dan siapa saja yang dinyatakan lolos serta berhak mendapatkan beasiswa akan diumumkan oleh panitia melalui situs resmi Tempo Institute. Pengumuman yang berisi data penerima tersebut biasanya diunggah dua minggu sebelum setiap sesi kelas pelatihan dimulai. Disamping pengumuman di laman resmi, pihak Tempo Institute juga akan mengirimkan pemberitahuan melalui email kepada para pelamar beasiswa yang lolos.

 

Apabila ada informasi terkait persyaratan dan mekanisme penyeleksian beasiswa ini yang belum Anda pahami, hal tersebut bisa ditanyakan ke bagian kepanitiaan melalui kontak telepon yang tersedia. Anda juga bisa menanyakan ke bagian admin yang juga dihubungi melalui email atau situs resmi Tempo institute di tempo-institute.org. Sebagai contoh, untuk mereka yang kurang tahu-menahu tentang menu pelatihan yang tersedia, mereka bisa melihat link Agenda Pelatihan Menulis yang tersedia maupun ditanyakan langsung pada admin.

 

Itulah beberapa ulasan tentang beasiswa pelatihan jurnalistik dari tempo institute yang bisa dipertimbangkan sebagai referensi. Selamat mencoba.

Tags: #beasiswa jurnalistik #beasiswa pelatihan

Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
GoBeasiswa.com – Beasiswa Prestasi 2017 merupakan salah
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
GoBeasiswa.Com –  Kali ini adalah informasi terbaru
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
GoBeasiswa.com – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana

Leave a reply "Info Seputar Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Dari Tempo Institute"

Must read×

Top