Info Beasiswa Unggulan Untuk Dosen Indonesia dari Ristekdikti

GoBeasiswa.com – Saat ini, ada beragam tawaran beasiswa dari berbagai lembaga pemerintah maupun non pemerintah kepada para tenaga pengajar seperti guru dan dosen. Terkait hal ini, berikut ada ulasan beasiswa dosen yang bisa menambah referensi Anda ketika mencari dan akan mendaftar program beasiswa. Beasiswa yang dimaksud yaitu beasiswa unggulan untuk dosen Indonesia dari ristekdikti.

Info Beasiswa Unggulan Untuk Dosen Indonesia dari Ristekdikti

Info Beasiswa Unggulan Untuk Dosen Indonesia dari Ristekdikti

 

Lebih Dalam Tentang Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia dari Ristekdikti

Beasiswa unggulan untuk dosen Indonesia dari ristekdikti atau yang bisa disingkat menjadi BUDI Ristekdikti ini merupakan beasiswa yang ditujukan kepada para dosen di seluruh perguruan tinggi Indonesia. Program beasiswa ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara Kemristekdikti dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Jadi, para dosen yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau S3 di universitas dalam atau luar negeri bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa berskema mirip dengan BPP-LN dan BPP-DN ini.

Bagi Anda yang belum atau tidak tahu-menahu mengenai BPP-DN dan BPP-LN, pada intinya kedua program tersebut beasiswa tersebut merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Dikti.

 

Ada 2 jenis beasiswa unggulan untuk dosen Indonesia dari ristekdikti yang ditawarkan kepada para dosen Indonesia, yaitu BUDI-LN (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia-Luar Negeri) dan BUDI-DN (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia-Dalam Negeri).

Terkait dengan skemanya, beasiswa ini merupakan beasiswa penuh dimana komponen tanggungan biaya meliputi berbagai aspek keperluan masa studi seperti biaya kuliah, tunjangan tesis/disertasi, seminar, tunjangan buku, biaya hidup, biaya perjalanan (berangkat-pulang), tunjangan keluarga, visa, hingga asuransi kesehatan.

Komponen pembiayaan tersebut memiliki besaran hampir sama dengan Beasiswa LPDP. Selain mendapatkan berbagai macam tunjangan, mahasiswa penerima beasiswa juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti pendaftaran universitas dan insentif apabila mereka dapat lolos di universitas unggulan berperingkat bagus.

 

Baca Juga: Beasiswa Unggulan 2017

 

  1. BUDI-DN

BUDI-DN merupakan tawaran beasiswa dalam negeri yang bisa dipilih oleh para dosen dari seluruh Indonesia. Apabila Anda merupakan satu diantara sekian banyak orang yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 dengan beasiswa ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut meliputi:

  1. Memiliki NIDN atau NIDK. Syarat ini berlaku untuk dosen PT (perguruan tinggi) negeri maupun swasta di lingkungan Kemristekdikti.
  2. Memenuhi ketentuan Tugas Belajar sebagaimana ketetapan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.48 tahun 2009
  3. Mendapat persetujuan pemimpin PT asal serta diajukan Direktur Program / Dekan Sekolah Pascasarjana yang dituju. Syarat ini berlaku untuk pelamar BUDI-DN. Dosen swasta yang melamar harus menyertakan surat ijin Kopertis wilayah.
  4. Dapat mengajukan usulan kepada satu PT penyelenggara BUDI-DN
  5. Pelamar tidak diizinkan menggunakan beasiswa untuk meraih gelar kedua di strata yang sama
  6. Tidak menggabungkan pembiayaan dengan beasiswa lain
  7. Pelamar belum memulai perkuliahan semester gasal
  8. Untuk pelamar S2, batas usia maksimal yang diperbolehkan adalah 45 tahun sedangkan untuk S3 adalah 50 tahun
  9. Memenuhi jangka waktu studi 48 bulan untuk S3 dan 24 bulan untuk S2. Pembiayaan untuk mahasiswa S3 ini terbagi menjadi 2, yaitu pembiayaan langsung selama 36 bulan dan kemungkinan perpanjangan 2 kali dalam 6 bulan untuk mereka yang memenuhi persyaratan.
  10. Menulis essay dengan tema yang ditentukan penyelenggara sepanjang 500-700 kata
  11. Mengikuti ketentuan akademik tanpa terkecuali sebagaimana kebijakan PPs BUDI-DN dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 48 Tahun 2009 mengenai pedoman pemberian tugas belajar
  12. Memutakhirkan perkembangan studi secara periodik di situs http://studi.dikti.go.id
  13. Peserta yang telah menyelesaikan studi wajib kembali ke PT asal selama 1n+1 tahun (n=lama menerima BUDI-DN dalam tahun). Hal ini sebagaimana Permendiknas No. 48 tahun 2009
  14. Tidak ada ketentuan IPK untuk BUDI-DN
  15. Apabila data atau dokumen ditemukan telah dipalsukan, pendaftar dinyatakan gugur dan tidak berhak menerima beasiswa.

 

  1. BUDI-LN

Seperti BUDI-DN, beasiswa unggulan untuk dosen Indonesia dari ristekdikti agar dapat menempuh pendidikan S3 ke luar negeri ini juga memiliki beberapa persyaratan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai NIDN dan NIDK
  2. Telah memiliki gelar S2
  3. Berstatus mahasiswa aktif S3 di PT luar negeri (on-going)
  4. Tidak menempuh studi untuk gelar kedua di strata yang sama
  5. Menyertakan Letter of Acceptance dari PT yang dituju
  6. Menyertakan surat rekomendasi penelitian yang disetujui oleh calon promotor PT-LN
  7. Berusia maksimal 47 tahun
  8. Tidak memiliki promotor yang sama apabila suami/istri pelamar mengambil bidang keilmuan yang sama
  9. Dosen PTN mendapat izin melanjutkan studi dari pemimpin PTN, sedangkan dosen PTS mendapatkan izin dari coordinator Kopertis Wilayah
  10. Melakukan ikatan dinas 2n+1 dengan PT asal sekaligus mengisi surat pernyataan bagi mereka yang nanti selesai studi.

 

Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan untuk Dosen

Untuk alur pendaftaran kedua jenis beasiswa unggulan untuk dosen Indonesia dari ristekdikti ini, ada beberapa proses yang harus dilalui.

Pertama, peminat beasiswa ini harus mendaftarkan diri secara online melalui situs budi.ristekdikti.go.id. Biasanya, proses pendaftaran online dibuka pada akhir Juli.

Selanjutnya, pelamar yang memenuhi persyaratan dan proses seleksi dapat mendaftar ke program studi yang dituju. Berkas pendaftar S3 BUDI-LN biasanya lebih banyak karena harus ada berkas seperti sertifikat TOEFL, SK bebas narkoba, research proposal, dan sebagainya.

PPs kemudian akan mengusulkan pelamar dan menyatakan statusnya untuk mengikuti seleksi dari Kemristekdikti dan LPDP. Hasil penetapan penerimaan Mahasiswa Baru dan Penerima BUDI-DN nantinya akan diumumkan oleh PPs dan Kemristekdikti.

 

Demikian beberapa ulasan tentang beasiswa unggulan untuk dosen Indonesia dari ristekdikti. Apabila ada hal-hal yang belum jelas, Anda bisa membaca buku panduan BUDI yang bisa di baca melalui link berikut: http://budi.ristekdikti.go.id/web/

Selamat mencoba.

Tags: #beasiswa dosen #beasiswa luar negeri #beasiswa s3 #beasiswa unggulan

Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
GoBeasiswa.com – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana
Beasiswa di Malaysia untuk Jenjang S2 dan S3 oleh UCSI
Beasiswa di Malaysia untuk Jenjang S2 dan S3 oleh UCSI
GoBeasiswa.com – Bisa menempuh pendidikan hingga S2

Leave a reply "Info Beasiswa Unggulan Untuk Dosen Indonesia dari Ristekdikti"

Must read×

Top