Info Beasiswa Kuliah S1 dan S2 untuk Guru, PNS dan Swasta

GoBeasiswa.Com – Sebagai bentuk ketaatan diberlakukannya UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dimana salah satunya membahas kualifikasi akademik minimal yang harus dimiliki guru dan dosen, pemerintah khususnya kementerian Pendidikan, Direktorat Pembinaan Guru, dan Direktorat Jenderal Tenaga Kependidikan berupaya memberikan beasiswa kuliah S1 dan S2 guru PNS dan swasta.

Beasiswa S1 dan S2 untuk Guru PNS dan Swasta

Ketika akan mengajukan beasiswa, sudah merupakan hal yang lumrah bagi Anda sebagai calon pendaftar untuk mendalami apa dan bagaimana langkah, proses, dan berkas yang harus dilalui. Karena itu, berikut ini ulasan tentang beasiswa S1 dan S2 yang ditujukan kepada guru PNS dan swasta.

Beasiswa kuliah S1 dan S2 guru PNS dan swasta yang diselenggarakan oleh 3 lembaga pemerintah ini diberikan kepada guru SMK dan SMA negeri maupun swasta dengan sasaran penerima sebagai berikut:

  1. Sasaran bantuan dana pendidikan S1 mencakup 2.364 guru
  2. Sasaran bantuan dana pendidikan S2 mencakup 250 guru
  3. Sasaran beasiswa pendidikan S2 mencakup 638 guru

 

Selain mendukung dan memenuhi kualifikasi guru dan dosen sebagaimana dalam UU No. 14 tahun 2005, penyelenggaraan beasiswa untuk tenaga kependidikan ini juga dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan berikut ini.

  1. Memberikan motivasi terhadap guru yang salah satunya terwujud melalui bantuan dana sehingga kapasitas keprofesionalan yang berkelanjutan dari tenaga pendidik tersebut dapat berkembang
  2. Membantu meningkatkan kompetensi guru sekaligus kualitas profesionalisme dengan cara meningkatkan kualifikasi akademik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  3. Meningkatkan sekaligus mengembangkan wawasan, pengetahuan, dan kinerja tenaga pendidik agar dapat memberikan layanan pendidikan di SMA atau SMK yang berkualitas

 

Untuk mengikuti program beasiswa kuliah S1 dan S2 guru PNS dan swasta ini, para pendaftar harus memenuhi kriteria yang diantaranya adalah:

  1. Memiliki NUPTK
  2. Merupakan guru PNS atau guru tetap yayasan (GTY) aktif mengajar di SMA / SMK Negeri atau Swasta
  3. Guru yang mendaftar sedang menempuh pendidikan S1 / S2 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu di program studi terakreditasi universitas. Untuk kriteria ini, penerima bantuan pendidikan diutamakan yang sedang menempuh tugas akhir. Hal ini dibuktikan dengan melampirkan persetujuan judul tugas akhir yang telah ditandatangani pembimbing.
  4. Pendaftar belum atau tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan pendidikan dari lembaga lain
  5. Pendaftar adalah orang yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan UPTD / kabupaten / kota setempat
  6. Pendaftar belum pernah mendapatkan beasiswa atau bantuan pendidikan yang sama di tahun sebelumnya.

 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

Selain memenuhi kriteria sebagaimana yang disebutkan di atas, pendaftar beasiswa kuliah S1 dan S2 guru PNS dan swasta ini juga harus melengkapi berkas atau dokumen yang meliputi:

  1. Biodata diri yang form-nya bisa didownload sesuai dengan ketentuan penyelenggara
  2. Surat usulan dari Dinas Pendidikan
  3. Surat keterangan bahwa pendaftar sedang atau aktif kuliah minimal 1 semester
  4. Surat persetujuan judul tugas akhir
  5. Surat keterangan yang menyatakan tidak sedang menerima bantuan pendidikan dari lembaga lain
  6. Beberapa berkas fotokopi, seperti:
  • SK Pengangkatan Guru yang telah dilegalisasi oleh petugas Dinas Pendidikan di kabupaten / kota
  • Jika tidak ada, pendaftar S1 bisa menyertakan surat pernyataan dari Dinas sebagai gantinya
  • Kartu mahasiswa
  • Kartu hasil studi (KHS) dan transkrip nilai terakhir
  • Buku rekening bank pribadi yang masih aktif yang dirangkap 3. Rekening Bank yang harus disertakan ini harus merupakan bank non-syariah
  • NPWP
  • Sertifikat pendidik yang oleh perguruan terkait telah dilegalisasi (syarat ini diperuntukkan pendaftar dana pendidikan S2)

Semua berkas yang telah disebutkan di atas kemudian dijilid cover sesuai dengan ketentuan. Biasanya, pendaftar S1 dengan jilid cover warna merah sedangkan jilid untuk berkas pendaftar S2 dengan cover warna biru. Selanjutnya, berkas tersebut dikirimkan via pos ke:

Direktorat Pembinaan Guru yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Pintu 1 (satu), Jakarta Pusat.

Perlu diingat pula bahwa pengiriman berkas tersebut tidak boleh melebihi tanggal yang ditentukan.

 

Setelah seleksi dilakukan, pendaftar yang diterima untuk mendapatkan beasiswa kuliah S1 dan S2 guru PNS dan swasta nantinya akan mendapatkan dana pendidikan sebagaimana yang dijanjikan setiap bulannya. Setelah mendapatkan bantuan pendidikan, penerima juga harus membuat laporan pertanggungjawaban terkait penggunaan dana tersebut paling lambat 1 bulan setelah dana diterima.

Rincian jumlah dana pendidikan untuk program S1 dan S2 adalah sebagai berikut. Bantuan untuk penempuh program S1 sejumlah 5 juta per tahun sedangkan untuk program S2 adalah 10 juta rupiah per tahun. Sementara itu, beasiswa S2 yang diberikan pada 638 guru untuk masa studi 2 tahun adalah 60 juta rupiah.

Mekanisme untuk penyaluran dana meliputi beberapa proses. Pertama, berkas yang terkumpul dan terkirim akan melalui proses seleksi administrasi. Setelah seleksi administrasi, lembaga terkait akan menetapkan penerima dana sesuai dengan kualifikasi akademik. Proses selanjutnya adalah penyaluran dana oleh badan yang ditunjuk pemerintah ke rekening guru. Proses ini mungkin akan panjang karena melibatkan beberapa pihak. Dana yang telah sampai di rekening guru kemudian bisa digunakan.

Demikian beberapa informasi seputar beasiswa kuliah S1 dan S2 guru PNS dan swasta yang bisa menambah referensi Anda pada kesempatan ini. Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih mendetail seputar beasiswa ini bisa membuka laman resmi di gtk.kemendikbud.go.id atau menghubungi email subditpkpkk@gmail.com. Untuk tanya jawab langsung Anda bisa menghubungi kontak telepon atau faksimile lembaga terkait. Selamat berburu beasiswa.

Tags: #beasiswa guru S1 #beasiswa guru S2 #beasiswa indonesia #beasiswa pendidikan #beasiswa s1

Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
GoBeasiswa.com – Beasiswa Prestasi 2017 merupakan salah
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
GoBeasiswa.Com –  Kali ini adalah informasi terbaru
Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris
Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris
GoBeasiswa.com – Banyak orang yang ingin mengetahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan

Leave a reply "Info Beasiswa Kuliah S1 dan S2 untuk Guru, PNS dan Swasta"

Must read×

Top