Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris

GoBeasiswa.com – Banyak orang yang ingin mengetahui Cara mendaftar UCAS. Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apa yang dimaksud dengan UCAS? UCAS pada dasarnya adalah sistem yang digunakan di Negara Inggris bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di berbagai jenjang  pendidikan tinggi.

Saat Anda melamar untuk studi di Inggris, maka Anda akan dihadapkan pada sistem UCAS. Sekedar informasi, UCAS adalah singkatan yang berasal dari Universities and Colleges Admissions Service. Dimana sistem ini diperuntukkan untuk para calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di Inggris.

 

Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris

Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris

 

Menggunakan sistem UCAS ini, calon mahasiswa lebih mudah mendaftarkan dirinya di universitas yang ada di Inggris. Pasalnya sistem ini mampu memberikan layanan pendaftaran untuk semua program kuliah.

Setidaknya banyak universitas di Inggris yang memanfaatkan sistem ini untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa baru. Sebenarnya, program atau sistem ini hampir serupa dengan sistem SNMPTN yang diterapkan di Indonesia. Dimana semua calon mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, bisa mendaftarkan diri melalui sistem ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat untuk kuliah di Inggris wajib untuk mengetahui Cara mendaftas UCAS.

 

Perlu diketahui bahwa Sistem UCAS sudah ada sejak tahun 1993. Sistem ini awalnya adalah penggabungan dari Polytechnics Central Admissions Service atau PCAS, Standing Conference on University atau SCUE dan UCCA atau Universities Central Council on Admissions. Namun sekarang ini, hampir semua perguruan tinggi atau universitas di Inggris menyediakan sistem UCAS untuk para mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah.

Baca Juga: Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah serta Tips Memilih dan Menggunakanya

Sama halnya dengan program studi di Indonesia yang memiliki batas waktu untuk mendaftar, UCAS juga mempunyai batas waktu pendataran. Biasanya, batas waktu UCAS adalah 15 Januari. Meskipun begitu, tidak semua universitas menyediakan waktu pendaftaran yang sama.

Sebab ada berbagai faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan batas waktu pendaftaran dari program atau universitas yang berbeda. Waktu perkuliahan jenjang sarjana di Inggris biasanya akan dimulai pada bulan September atau bisa juga Oktober. Tergantung dari batas akhir pendaftaran yang diberlakukan.

 

Perlu diingat bahwa untuk Anda yang ingin kuliah di Inggris untuk jurusan kedokteran, kedokteran gigi atau yang ingin kuliah di Cambridge atau Oxford harus melakukan pendaftaran satu tahun sebelum melakukan perkuliahan. Hal ini dikarenakan persaingannya yang sangat ketat dan sulit karena program studi kedokteran dan kedokteran gigi di Inggris sangat diminati. Agar bisa mendapatkan universitas yang diinginkan, maka Anda harus memahami tentang Cara mendaftar UCAS jauh-jauh hari.

Dengan begitu, persyaratan yang dibutuhkan bisa dilengkapi sebelum batas waktu akhir pendaftaran. Disamping itu, Anda juga harus mulai meningkatkan kemampuan bahasa Inggriis. Karena biasanya, program studi di Inggris sangat mengutamakan kemampuan bahasa Inggris masing-masing pelamar. Anda tertarik melakukan pendaftaran di UCAS? Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

 

  1. Pendaftaran

Cara mendaftar UCAS yang pertama adalah Anda melakukan pendaftaran melalui website resmi UCAS yang beralamat di https://www.ucas.com/ucas/undergraduate/register. Setelah terbuka, Anda pilih klik link pendaftaran yang tersedia. Selanjutnya pilih program studi yang Anda inginkan untuk melanjutkan kuliah S1 di Inggris. Kemudian, lengkapi semua data yang diminta.

 

  1. Memilih program studi

Langkah selanjutnya adalah memilih program studi sesuai dengan keinginan Anda. Perlu diketahui bahwa pada sistem ini, pemohon hanya boleh mendaftar program studi maksimal 5. Tapi bagi Anda yang mendaftarkan diri di bidang Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi dan Kedokteran maka maksimal program studi yang dipilih hanya 4. Jika Anda mendaftarkan diri di Oxford atau Cambridge maka Anda hanya diperbolehkan untuk mendaftar pada satu program studi.

 

  1. Riwayat pendidikan atau pekerjaan

Saat mendaftar UCAS, Anda akan diarahkan untuk mengisi riwayat pendidikan atau pekerjaan. Selain itu, Anda juga harus melengkapi berbagai pencapaian, kualifikasi atau prestasi yang selama ini sudah diperoleh agar pihak Universitas di Inggris tertarik dengan resume Anda. Di samping itu, jangan lupa untuk mencantumkan berbagai jenis pekerjaan yang pernah dilakukan baik part time maupun full time.

Baca Juga: Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Penuh S1 Di Oxford dan Cambridge Inggris

  1. Pernyataan Pribadi

Selain riwayat pendidikan atau pekerjaan, Anda juga diharuskan untuk mengisi pernyataan pribadi yang di dalamnya berisi tentang deskripsi diri Anda. Buat deskripsi yang jelas agar kesempatan Anda untuk melanjutkan pendidikan di Inggris dapat tercapai. Tuliskan pula alasan kenapa Universitas tersebut harus menerima Anda, apakah karena kemampuan yang Anda miliki, prestasi atau pengalaman yang selaras dengan program studi yang dipilih.

 

  1. Pendaftaran Akhir

Cara mendaftar UCAS selanjutnya adalah memilih tulisan “complete” kemudian save. Pastikan bahwa semua data yang Anda isi adalah benar dan sudah sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh UCAS. Kemudian, tuliskan alamat email dan juga nomor telepon aktif pada laman yang disediakan oleh UCAS. Perlu diketahui bahwa pendaftaran melalui UCAS tidak gratis. Sehingga Anda akan dikenakan biaya pendaftaran sejumlah GBP12 untuk satu program studi. Jika lebih dari 1 program studi, maka Anda harus membayar GBP23. Pantau proses pendaftaran melalui akun Anda di UCAs. Jika diterima, maka Anda akan mendapatkan Letter of Acceptance baik yang conditional maupun unconditional.

 

  1. Pastikan

Jika Anda mendapatkan Letter of Acceptance atau LoA, maka pastikan jika surat tersebut dari Universitas yang benar-benar Anda minati.

Baca Juga: Langkah-Langkah Cara Mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance

Anda juga diperbolehkan untuk memilih satu program studi tetap dan 1 pilihan lain sebagai cadangan setelah mendapatkan surat balasan ini. Untuk lebih jelasnya, nanti Anda akan diarahkan oleh pihak UCAS terkait apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

 

Demikianlah Cara mendaftar UCAS. Sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah.

Tags: #beasiswa luar negeri #ucas

Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
GoBeasiswa.Com –  Kali ini adalah informasi terbaru
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
Informasi Beasiswa Kuliah di Jerman yang Perlu Anda Ketahui
GoBeasiswa.com – Siapa yang tidak ingin mendapatkan
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
Gates Cambridge Scholarship: Beasiswa Full S2 Inggris
Gates Cambridge Scholarship: Beasiswa Full S2 Inggris
GoBeasiswa.com – Inggris merupakan salah satu negara
  1. author

    Nabila2 months ago

    Assalamu’alaikum
    Selamat siang kak , perkenalkan nama saya nabila ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai pendaftaran UCAS , saya pernah baca2 di website bahwasanya untuk pelajar Internasional selain mendaftar ke UCAS kita sebagai pelajar dari luar eropa harus mendaftar COPA dan SAQ itu tuh gmn Kak mohon penjelasannya .
    Terimakasih 🙂

    Wasalamu’alaikum

    Reply

Leave a reply "Mudah, Ini Dia Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris"

Must read×

Top