Informasi Beasiswa ke Singapura untuk SMP dan SMA

Negara-negara di Asia Tenggara yang tergabung ke dalam ASEAN membuat lembaga kebeasiswaan, yang salah satunya dikenal dengan ASEAN Scholarship for Indonesia. Lembaga ini memberikan beasiswa ke singapura untuk para pelajar yang ingin menempuh pendidikan SMP-SMA.

ASEAN Scholarship for Indonesia sudah berjalan selama 4 tahun yang tentunya sudah mendapatkan sertifikat penghargaan dari Singapore-Cambridge General Certificate of Education Advanced (GCE A) Level.

Pelajar atau siswa dari Indonesia dipersilakan untuk mengajukan permohonan ASEAN Scholarship for Indonesia. Adapun kriteria agar bisa mendapatkan beasiswa ke singapura ini adalah sebagai berikut

  1. Calon penerima beasiswa merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Lahir antara tahun 2001-2003
  3. Mengikuti UAN (SMP Kelas 3) tahun 2017
  4. Memiliki record yang baik di sekolah
  5. Kemahiran dalam berbahasa Inggris. Dan berikut ulasan lebih jauh terkait beasiswa penuh  SMP & SMA di Singapura.

 

Informasi Beasiswa ke Singapura untuk SMP dan SMA

Informasi Beasiswa ke Singapura untuk SMP dan SMA

Informasi Beasiswa ke Singapura (PENUH) untuk SMP – SMA

Beasiswa ASEAN untuk pelajar Indonesia yang berasal dari Kementerian Pendidikan Singapura ini sebenarnya telah rutin ditawarkan setiap tahun. Beasiswa ke Singapura ini juga bisa diikuti oleh para pelajar putra maupun putri di seluruh Indonesia. Perlu diketahui pula bahwa dana pendidikan yang didapatkan untuk melanjutkan studi setingkat SMP serta SMA ini bersifat penuh. Selain mendapatkan dana beasiswa, pelajar secondary school (setingkat dengan SMP) dan pre-university (setingkat dengan SMA) dapat bersekolah di sekolah bereputasi bagus yang memberikan layanan serta fasilitas memadai.

Sebelum masuk ke bahasan terkait kualifikasi maupun mekanisme pendaftaran beasiswa ke Singapura ini, Anda bisa menyimak ulasan mengenai jenjang pendidikan yang diberlakukan oleh pemerintah Singapura. Ada beberapa tahapan pendidikan yang bisa diketahui apabila Anda ingin menyekolahkan putra/putri ke sekolah di Singapura melalui program beasiswa dari Kementerian Singapura. Kategori jenjang tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pada umur 6 – 13+ tahun, putra/putri akan menempuh Primary school I s/d VI
  2. Pada umur 12 – 18+ tahun, putra/putri akan menempuh Secondary school I s/d V
  3. Pada umur 16 – 19+ tahun, putra/putri akan menempuh Pre-University I s/d Pre-University III

 

Terkait beasiswa ke Singapura dengan jenjang di penjelasan sebelumnya, beasiswa ini akan diberikan untuk masa studi Secondary school hingga Pre-University II. Secondary school III di Indonesia setingkat dengan kelas III SMP sedangkan untuk Pre-University II setingkat dengan SMA. Secara tidak langsung, siswa penerima beasiswa ini diwajibkan mampu menyelesaikan sekolah menengahnya (secondary school) lebih awal 1 tahun dibandingkan waktu selesai normal. Dengan begitu, ia dapat menyelesaikan pendidikan Pre-University 1 tahun lebih awal dari kelulusan normal pula. Karena ketentuan ini, pendidikan yang diterima oleh siswa binaan juga akan dimaksimalkan layanan dan fasilitasnya.

Sementara itu, dalam masa pendidikan 4 tahun, beasiswa penuh yang nantinya diberikan oleh ASEAN Scholarship meliputi beberapa macam tunjangan dan pembiayaan berikut:

  1. Fasilitas asrama selama studi
  2. Tanggungan biaya sekolah secara penuh, kecuali beberapa biaya tambahan lainnya
  3. Tunjangan tahunan untuk pre-university student sebesar S$ 2.400 dan secondary student sebesar S$ 2200.
  4. Biaya ujian GCE O-level and A-level untuk 1 kali
  5. Subsidi layanan dan fasilitas kesehatan berikut dengan asuransi kecelakaan
  6. Tiket pesawat dengan kelas Ekonomi
  7. Tunjangan penyesuaian S$ 400 yang diberikan sekali ketika siswa pertama kali tiba di Singapura

 

Persyaratan Umum

Apabila putra/putri Anda tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai kandidat penerima beasiswa ke Singapura ini, berikut beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh pendaftar. Persyaratan tersebut meliputi:

  1. Pendaftar adalah warga negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar termasuk dalam tahun lahir 2000 s/d 2002
  3. Pendaftar dapat dan lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah asal
  4. Pendaftar merupakan siswa yang berprestasi di sekolah asal
  5. Pendaftar / pelajar yang mendaftar telah menempuh Ujian Akhir Nasional SMP di tahun beasiswa dikeluarkan

Apabila putra maupun putri Anda memenuhi kriteria tersebut, Anda bisa mempersiapkan berkas-berkas yang nantinya mungkin perlu dikirimkan secara online karena pendaftaran untuk salah satu beasiswa penuh ini adalah dengan mengisi form aplikasi secara online di link yang diakses menggunakan internet. Agar dapat mengisi data-data tersebut sekaligus mengajukannya, Anda juga perlu membuat akun terlebih dahulu. Batas waktu untuk pengisian hingga pengajuan aplikasi pendaftaran online ini biasanya harus sebelum tanggal 29 Juni.

 

Tahapan Seleksi Beasiswa

Setelah proses pengajuan aplikasi, penyelenggara akan melakukan proses seleksi terhadap para peserta melalui tes seleksi yang dilakukan 1 bulan setelah proses pengajuan. Pada tes seleksi ini, para pelajar yang mendaftar akan dites untuk mengerjakan soal matematika, bahasa inggris, serta uji kemampuan umum. Penyelenggara kemudian akan mengumumkan siapa saja yang lolos pada proses tes ini. Mereka yang lolos kemudian akan mengikuti seleksi wawancara yang diadakan beberapa bulan setelah proses tes. Biasanya seleksi wawancara ini diadakan pada bulan September. Para pelamar beasiswa penuh  SMP & SMA di Singapura yang lolos seleksi wawancara selanjutnya akan mendapatkan pemberitahuan yang menyatakan bahwa ia lolos dan berhak menjadi penerima beasiswa studi ke Singapura. Pemberitahuan biasanya disampaikan melalui email tidak lama setelah tes terakhir dilakukan (sekitar 1 minggu). Tes seleksi kemampuan akademik dan wawancara pada umumnya diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, serta kota Singapura sendiri.

Sebagai panduan tambahan sebelum mendaftar, Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu informasi terkait setiap jenjang berikut dengan silabus setiap bidang studi yang nantinya akan dijalani oleh putra atau putri Anda. Dengan begitu Anda juga akan mendapatkan kejelasan terkait bidang studi.

Demikian beberapa ulasan seputar beasiswa ke Singapura yang bisa dibagikan pada kesempatan ini. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar kriteria penilaian maupun teknis pendaftaran, Anda bisa membuka situs www.moe.gov.sg atau menghubungi kontak terkait. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: #asean scholarship for indonesia #beasiswa luar negeri #beasiswa singapura #beasiswa sma #beasiswa smp

Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
Beasiswa PTNNT untuk SMP, SMA, D3, S1, S2, dan S3 dari PT Newmont
Beasiswa PTNNT untuk SMP, SMA, D3, S1, S2, dan S3 dari PT Newmont
GoBeasiswa.com – Pendidikan adalah hak dasar yang
Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Penuh S1 Di Oxford dan Cambridge Inggris
Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Penuh S1 Di Oxford dan Cambridge Inggris
GoBeasiswa.com – Beasiswa di Inggris. Seperti yang

Leave a reply "Informasi Beasiswa ke Singapura untuk SMP dan SMA"

Must read×

Top