Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran dari Kemdikbud

Kini telah banyak beasiswa yang diperuntukkan untuk anak-anak bangsa berprestasi yang ingin melebarkan sayap di kehidupannya. Beragam beasiswa ditawarkan oleh pemerintah salah satunya adalah beasiswa bantuan riset, workshop, pelatihan dan pagelaran. Beasiswa yang satu ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk menunjang aktivitas dan kreatifitas bagi para seniman/budayawan, peneliti, penulis, olahragawan, pencipta, tokoh, Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di instansi Kementrian Pendidikan dan Budaya dan juga bisa berasal dari masyarakat lain yang aktivitas dan kreatifitasnya dianggap layak oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri untuk bisa mendapatkan beasiswa. Beasiswa bantuan riset workshop seni kemdikbud yang diberikan ini disesuaikan dengan aktivitas dan kreatifitas yang dilakukan oleh penerima beasiswa tersebut.

Baca Juga: Beasiswa Unggulan 2017

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sengaja membentuk program beasiswa unggulan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dan mengembangkan sumber daya manusia di berbagai daerah yang dinilai masih rendah. Program unggulan yang dimaksud adalah tertuju pada program pengembangan sistem pembelajaran maupun prestasi dari peserta penerima beasiswa di bidang studi yang sedang dikembangkannya.

Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran dari Kemdikbud

Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran dari Kemdikbud

 

Komponen beasiswa bantuan riset, workshop, pelatihan dan pagelaran yang diadakan oleh kemdikbud ini merupakan rangkaian komponen yang digunakan untuk menunjang kreativitas dan aktifitas yang telah diajukan oleh calon penerima beasiswa bantuan dan dinilai oleh tim Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri. Dalam hal penilaian, tim Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri mempertimbangkan beberapa unsur yang diantaranya adalah waktu dan jarak pelaksanaan, sisi manfaatnya dan juga mendukung rencana strategis yang digunakan untuk penetapan SDM kemdikbud.

 

Persyaratan Mengajukan Beasiswa Bantuan Riset, Workshop Seni

  1. Melakukan Registrasi Online

Untuk mengajukan beasiswa bantuan riset, workshop, seni dari kemdikbud ini tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan registrasi secara online di website resmi milik kemendikbud di buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id.

  1. Mengupload Dokumen

Setelah melakukan registrasi secara online, Anda diwajibkan untuk menyiapkan semua berkas dokumen yang dibutuhkan dalam mengajukan beasiswa dari kemdikbud seperti

  • Surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,
  • File daftar riwayat hidup (curriculum vitae),
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan
  • Proposal perencanaan kegiatan yang isinya rangkaian kegiatan yang hendak dilakukan beserta rincian biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut.

Jika semua berkas sudah siap maka Anda bisa segera menguploadnya di website yang telah disebutkan diatas.

 

Tahapan Seleksi Beasiswa Bantuan Riset, Workshop Seni

Semua berkas akan melalui tahap seleksi administratif dan akan dinyatakan lengkap oleh tim Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam seleksi pendaftaran beasiswa bantuan untuk riset, workshop dan seni. Berkas yang telah diseleksi oleh tim BPKLN akan dilakukan validasi terhadap semua berkas pendaftaran beasiswa yang masuk. Semua berkas pendaftar yang telah ditetapkan oleh tim BPKLN nantinya akan diberikan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri untuk menetapkan pendaftar sebagai penerima beasiswa bantuan ini. Cara tersebut ditetapkan berdasarkan surat kelulusan penerima beasiswa unggulan yang diterbitkan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.

 

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri telah menetapkan setidaknya 3 kriteria yang harus dimiliki oleh calon penerima beasiswa unggulan yang meliputi si calon penerima beasiswa harus memiliki potensi yang kuat untuk bisa menjadi orang yang unggul dalam bidangnya. Kedua, apakah si pendaftar sudah diterima di perguruan tinggi dan yang terakhir adalah tes psikologi. Cara ini bertujuan untuk melihat seberapa layaknya pendaftar untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Pemberian beasiswa unggulan workshop, riset, pelatihan, pagelaran ini juga mengharuskan peserta untuk terlebih dahulu terdaftar di perguruan tinggi tempat dirinya menuntut ilmu, bisa di dalam negeri maupun luar negeri.

 

Semua peserta yang telah menerima beasiswa bantuan dari kemdikbud diwajibkan untuk melaporkan hasil yang bersangkutan tentang aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan. Setiap kegiatan yang telah dilakukan wajib ada bukti laporannya. Tujuannya adalah agar dana yang diberikan oleh kemdikbud bisa terpantau dan benar-benar digunakan untuk keperluan workshop, riset, pelatihan maupun pagelaran. Hasil pelaporan kegiatan yang dilakukan oleh penerima beasiswa unggulan dari kemdikbud nantinya harus diupload di website atau bisa juga dikirim langsung yang ditujukan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri beserta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Hak dari setiap peserta penerima beasiswa bantuan kemdikbud adalah mendapatkan dana yang digunakan untuk keperluan penunjangan aktifitas maupun kreativitas dari si penerima beasiswa tersebut. Dana beasiswa yang didapat tersebut merupakan usulan yang telah diajukan dan ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri beserta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kewajiban yang harus dilakukan oleh penerima beasiswa dari kemdikbud ini adalah melakukan kegiatan sesuai dengan yang tertera di proposal pengajuan dan selalu melaporkan hasil dari kegiatan tersebut.

 

Hal terpenting yang wajib dilakukan oleh penerima beasiswa adalah menyelesaikan kegiatannya tepat pada waktunya. Jika penerima beasiswa gagal dalam menjalankan kegiatannya maka beasiswa akan diberhentikan dan bila menjalankan kegiatannya melewati dari batas yang telah ditetapkan maka si penerima beasiswa harus menggunakan dana sendiri untuk menyelesaikan kegiatannya karena sudah tidak ada lagi dana bantuan yang akan diberikan.

 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa bantuan riset, workshop, pelatihan dan pagelaran, bisa menghubungi Sekretariat Program Beasiswa Unggulan di nomor telepon 021-5711144 ext 2616 atau lewat email di beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id.

Tags: #beasiswa bantuan #beasiswa kemdikbud #beasiswa pns #beasiswa riset

Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
Beasiswa Prestasi Tahun 2017 untuk Pelajar SMK
GoBeasiswa.com – Beasiswa Prestasi 2017 merupakan salah
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
Tawaran Beasiswa President University Tahun 2017 – 2018
GoBeasiswa.Com –  Kali ini adalah informasi terbaru
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
Program Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud untuk Jenjang S1, S2, dan S3
GoBeasiswa.com – Pendidikan memang mahal. Banyak orang
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
LPDP Scholarship Memberikan Beasiswa Tesis dan Disertasi
GoBeasiswa.com – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana

Leave a reply "Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran dari Kemdikbud"

Must read×

Top